Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Bismillahirrahmanirrohim
Semangat pagi anak-anak hebat. Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat dan tetap punya semangat untuk belajar.
Nah, itu adalah contoh-contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mempelajari materi Bangun Ruang Sisi Lengkung tentu ada materi prasyarat yang harus kalian kuasai. Materi apa saja yang harus kalian ingat kembali?
Sebelum masuk materi prasyarat, yuk kita pretest dulu dengan main game di bawah ini 👇!
Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Untuk mengetahui benda-benda apa saja yang termasuk Bangun Ruang Sisi Lengkung, perhatikan gambar di bawah ini :
Nah, itu adalah contoh-contoh Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mempelajari materi Bangun Ruang Sisi Lengkung tentu ada materi prasyarat yang harus kalian kuasai. Materi apa saja yang harus kalian ingat kembali?
Sebelum masuk materi prasyarat, yuk kita pretest dulu dengan main game di bawah ini 👇!
Nah, bagaimana hasil pretest kalian? Memuaskan atau kurang memuaskan?
Ibu harap hasilnya semua memuaskan agar kita bisa lanjut ke materi inti. tapi tidak apa-apa bagi yang belum memuaskan kita akan ulas bersama materi yang menjadi prasyarat.
Materi yang harus diingat kembali adalah :
Ibu harap hasilnya semua memuaskan agar kita bisa lanjut ke materi inti. tapi tidak apa-apa bagi yang belum memuaskan kita akan ulas bersama materi yang menjadi prasyarat.
Materi yang harus diingat kembali adalah :
- Persegi panjang
Persegi panjang merupakan suatu segiempat yang memiliki dua pasang sisi sejajar sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.
Rumus keliling persegi panjang yaitu
K = 2 x (p + l)
Rumus luas persegi panjang yaitu
L = p x l
Contoh Soal
Terdapat suatu persegi panjang dengan panjang 18 cm dan lebar 14 cm. Berapakah keliling dan luas persegi panjang tersebut?
Jawaban :
K = 2 x ( p + l)
K = 2 x (18 cm + 14 cm)
K = 2 x 32 cm
K = 64 cm
L = p x l
= 18 x 14 = 252 cm2
- Lingkaran
Rumus Luas Lingkaran
L = π × r²
atau
L = 1/4 π × d²
Rumus Keliling Lingkaran
K= 2 π r atau K = πd
Contoh soal
Diketahui sebuah lingkaran memiliki diameter 28 cm. Berapakah luas dan keliling lingkaran tersebut?
Jawaban :
Luas = π × r²
Luas = 22/7 × 14²
= 22/7 x 196
= 22 x 28 = 616 cm²
k = 2 π r
= 2 x 22/7 x 14
= 88 cm
Bagaimana sudah ingat kan pembelajaran materi di atas. Materi tersebut yang akan menjadi dasar kita mempelajari materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Pada halaman ini kita khususkan untuk membahas satu Bangun Ruang sisi Lengkung yaitu TABUNG.
Apa aja yang akan kita pelajari di sini yuk, simak baik-baik!
Kompetensi Dasar :
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut dan bola).
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Indeks Pencapaian Kompetensi:
- Mengidentifikasi unsur-unsur tabung.
- Menemukan rumus luas permukaan tabung.
- Menemukan rumus volume tabung.
- Menentukan luas permukaan dan volume tabung.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun tabung.
Tujuan pembelajaran ini :
Melalui media pembelajaran berbasis blog dan inquiry learning, siswa diharapkan dapat :
- Mengidentifikasi unsur-unsur tabung dengan benar.
- Menemukan rumus luas permukaan tabung dengan benar.
- Menemukan rumus volume tabung dengan benar.
- Menentukan luas permukaan dan volume tabung. dengan benar.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun tabung dengan benar.
Materi Pokok :
- Tabung
1. Memahami definisi tabung
2. Mengetahui jaring-jaring tabung
3. Mengetahui dan memahami rumus luas permukaaan tabung
4. Mengetahui dan memahami rumus volume tabung
Untuk mencapai tujuan pembelajaran kita kali ini silahkan lakukan kegiatan berikut serta isi lembar kerja di bawah ini.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
= (...............+..............)
Jadi luas tabung tanpa tutup = (...............+..............)
Bagaimana setelah melakukan kegiatan di atas, apakah kalian dapat memahami unsur-unsur, luas permukaan dan volume tabung?
Untuk lebih memahami materi tersebut silahkan simak beberapa video berikut ini :
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Kegiatan 1 Mengidentifikasi Unsur-unsur Tabung
Apakah kalian ingat unsur-unsur bangun ruang?
Coba kalian tentang unsur-unsur bangun ruang yang pernah kita pelajari di kelas VIII.
Setelah kalian mengingat unsur – unsur bangun ruang, coba perhatikan gambar tabung di bawah dan isikan pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan jawaban singkat!
Bidang yang diarsir
warna biru disebut bidang alas tabung.
Bidang yang diarsir
warna hijau disebut bidang _____________.
Bidang yang tidak
diarsir disebut _______________.
Titik O dan P disebut
titik ____________________.
Ruas garis AP dan PB
disebut _______________.
Ruas garis CO dan OD
disebut _______________.
Ruas garis AB dan CD
disebut _______________.
Ruas garis yang
menghubungkan titik O dan P disebut _______, dan biasa dinotasikan dengan ___.
Kesimpulan
Kegiatan 1:
Dari kegiatan di atas kalian dapat menyimpulkan bahwa :
ü
Rusuk tabung berbentuk _______________
ü
Tabung memiliki rusuk sebanyak ___
ü
Bidang alas dan bidang atas (tutup) tabung
berbentuk _______________
ü
Tabung memiliki bidang sebanyak ___
Sehingga diperoleh jaring – jaring Tabung sebagai berikut :
Kegiatan 2 Menemukan rumus Luas Permukaan Tabung
Perhatikan gambar tabung dibawah ini!
- Gambar (i) adalah sebuah tabung tingginya t dan jari-jari lingkaran alas r
- Potonglah tutup dan alas tabung, kemudian potong selimut vertikal
- Gambar (ii) adalah jaring-jaring tabung. Bagian yang tidak diarsir adalah selimut tabung, sedangkan bagian arsiran (2 buah lingkaran yang kongruen) adalah tutup dan.......... tabung.
- Sisi selimut tabung pada gambar diatas berbentuk.......................... dengan lebar = ...................... tabung dan panjangnya = .................
- Luas selimut tabung = panjang x lebar = .......... x ......... = ........... x .......... Jadi, Luas Selimut Tabung = …..........
- Luas sisi tabung = luas selimut + ..................+.............. = luas selimut + 2 x luas...................... = .................. + ..................... = 2 (............+.............) Jadi luas sisi (permukaan) tabung =...................................
- Luas tabung tanpa tutup = luas..................+ luas.................
= (...............+..............)
Jadi luas tabung tanpa tutup = (...............+..............)
Kegiatan 3 Menemukan rumus
volume Tabung
Pada
kegiatan kali ini silahkan percobaan di
bawah ini!
- Kumpulkan uang koin Rp 500,00 sebanyak 12.
- Ambil salah satu koin, lalu ukurlah diameternya. Hitunglah luas permukaan koin tersebut.
- Kemudian tumpuk 12 uang koin menjadi satu. Tumpukan koin tersebut membentuk tabung. Perkirakan volume tabung yang terbentuk dari tumpukan koin tersebut. Kemudian tentukan rumus untuk menghitung volume tabung.

Hasil Percobaan
- Dari pengukuran salah satu koin didapat diameter koin sebesar ……
- Setelah ke 12 koin ditumpuk, maka koin tersebut akan membentuk sebuah tabung. Jika tinggi tabung dimisalkan t, maka tinggi tabung tersebut adalah ….., sehingga perkiraan volume tabung dari tumpukan uang koin tersebut adalah ……
- Sebelum menentukan volum tabung, ingat kembali tentang rumus luas lingkaran. Setelah itu kalian bisa menentukan rumus tabung berdasarkan butir b, sehingga rumus tabung dapat ditentukan yaitu: Vt = …..
Bagaimana setelah melakukan kegiatan di atas, apakah kalian dapat memahami unsur-unsur, luas permukaan dan volume tabung?
Untuk lebih memahami materi tersebut silahkan simak beberapa video berikut ini :
Setelah kalian memahami materi tabung, yuk kita latihan soal dulu tentang materi Tabung.
Untuk mengecek hasil latihan kalian, dapat kalian buka link pembahasannya.
Bagaimana anak-anak, mudah bukan?
Dari video di atas sudah dijelaskan dengan sangat lengkap dari menemukan rumus hingga menggunakan rumus tersebut ke dalam permasalahan.
Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan jujur. Tetap semangat! Good Luck!
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya tentang Unsur-unsur, Luas Permukaan dan Volume Kerucut. Semoga kalian bisa menerapkannya materi yang sudah kita pelajari pada halaman ini dalam permasalahan di kehidupan sehai-hari.
Alhamdulillahirraobbil’alamin.
Wassalamu’laikum warohmatullahi wabarokatuh.
Lengkap materinya, Bu . kunjungi balik sya di www.guruku7.blogspot.com atau www.supadilah.com
ReplyDeleteMantaaaap klo materi orang matematika mah keren lah
ReplyDeleteKomen juga blog aku ya imaybantenchorus.blogspot.com
Keren....mohon komentar nya juga blog aku. mohans76.blogspot.com
ReplyDeleteBaragus we lah pokonamah, suer beh. Mantul.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMantabbb betulll...!
ReplyDeleteKereen bu Isti.👍👍. Semoga ibu juga berkenan memberi saran di blog saya
ReplyDelete